socio
eco-techno
preneurship

Program Doktor S3 IAIN Metro Memasuki Tahap Visitasi, Rektor: Pembukaan Prodi Upaya Penuhi Harapan Alumni dan Masyarakat

Program Doktor S3 IAIN Metro Memasuki Tahap Visitasi, Rektor: Pembukaan Prodi Upaya Penuhi Harapan Alumni dan Masyarakat

sambutan rektor Visitasi Pembukaan Prodi Doktor S3 PAI dan HK

Lampung Timur, metrouniv.ac.id – Proses pengajuan Program Starata-3 (S3) yang merupakan jejang tertinggi pendidikan dengan gelar Doktor pada IAIN Metro telah memasuki tahapan visitiasi .

Visitasi atau asesmen lapangan yang dilakukan oleh asesor dalam pengajuan Program Pascasarjana jenjang S3 Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Hukum Keluarga Islam (HKI) dilaksanakan di Gedung Layanan Akademik Pascasarajan yang terletak di Kampus 2 IAIN Metro yang berlokasi di desa Banjarrejo, Kecamatan Batanghari Lampung Timur pada Sabtu malam (30/03/2024).

Pada kegiatan visitasi Program S3 Prodi PAI dan HKI dihadiri oleh Rektor IAIN Metro Prof, Dr. Hj. Siti Nurjanah, M.Ag., PIA., Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kelelmbagaan, Prof. Dr. Suhiri, M.H., Wakil Rektor 2 Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Prof. Dr. Hj. Akla, M.Pd., Kepala Biro AUAK (Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan), Dr. H. Ahmad Supardi, M.A., Dekan FTIK (Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan) Dr. Zuhairi, M.Pd., Direktur Pascasarjana IAIN Metro, Dr. Mukhtar Hadi, M.Si., Ketua LPM (Lembaga Penjaminan Mutu) Dr. Buyung Syukron, S.Ag. SS., MA.,

Asesmen lapangan yang dilakukan oleh asesor Prof. Dr. H. Ramdani Wahyu Sururi, M.Ag. dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd. dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulung Agung yang didampingi oleh Dr. Lukman Nugraha, S.Pd., M.Ed. selaku Kasi Pengembangan Akademik Diktis Kemenag RI.

Pada kegiatan tersebut, Prof Nurjanah yang baru saja tiba dari kegiatan Rakor Perubahan Bentuk PTKIN langsung menghadiri kegiatan visitasi Prodi S3 PAI dan S3 HKI, menyampaikan bahwa para masyarakat sudah menunggu IAIN Metro memiliki Prodi S3.

“Setelah kami melakukan kunjungan ke Subdit Akademik Kementerian Agama dan langsung ditemu oleh Bapak Lukman dan kami sampikana bahwa IAIN Metro telah mengajukan Prodi baik S1 maupun S2, kami juga menyampikan bahwa IAIN Metro mengajukan Prodi S3 yang sudah dinanti-nanti oleh masyarajat terutama alumni-alumni untuk adanya S3 di IAIN Metro, sehingga tidak perlu jauh-jauh melanutkan pendidikan cukup membesarkan almamater,” terangnya.

Rektor juga menambahkan S3 di IAIN Metro telah ditunggu cukup lama oleh para alumni dan IAIN Metro telah mengajukan sejak akhir tahun 2022 yang lalu.

Alhamdulillah berkat restu yang diberikan oleh pak Dirjen yang saat ini menjadi Sekjen Kemenag, dan setalah di cek oleh pak Lukman dan hari ini langsung dilakukan visitasi pada hari ini. Ini merupakan penantian yang cukup lama bagi para laumni untuk melanjutkan studi di IAIN Metro khususnya Prodi PAI dan Hukum Islam,” Sambung Nurjanah.

Sementara menindaklanjuti sambutan Rektor, Kasi Pengembangan Akademik Diktis Kemenag RI, Dr. Lukman Nugraha, S.Pd., M.Ed. yang baru sekali ke IAIN Metro menyampiakan bahwa IAIN Metro benar telah menangajukan pembukaan Prodi Baru.

Alhamdulilllah setalah berada di Subdit Akademik yang telah berjalan selama satu tahun ini yang menaungi Bina Prodi yang tentunya berkaitan secara khusus pada pembukaan Prodi. Pengajuan yang telah direkap dan telah diberikan penguatan bukan hanya pada dua Prodi S3 PAI dan HKI yang telah diajukan, tapi ada beberapa prodi yang diajukan oleh IAIN Metro yakni ada Prodi Ilmu Hadis, Prodi Pengembangan Islam, dan Tadris Bahasa Inggris yang dimungkinkan akan menjadi ranah Kemendikbud,” jelas Lukman.

Kasi Pengembangan Akademik DIktis tersbut juga menyampikan bahwa kehadiranyya di IAIN Metro bersama asesor sebagai upaya penyelesaian dan penguatan atas aspek persyaratan.

“Secara khusus baik jenjang S3 maupun S2 harus dilakukan validasi atau hari ini asesmen lapangan. Pantuan yang telah dilakukan melalui aplikasi sipro ada catatan-catatan yang diberikan dan pada hari ini asesor yang didatang untuk menuntaskan catatan tersebut, baik dokumen, dosen, dan kurikulum untuk S3 maupun S2. Semoga momentum hari ini bisa menjadi penyelesaian komplain dokumen yang secara khusus akan dikuatkan pada malam hari ini oleh Prof Wahyu dan bu Anin,” sambungnya.

Secara tegas, Dr. Lukman pun menyatakan bahwa prosedur standar pengajuan Prodi baru harus tetap dijalankan sesuai aturan yang berlaku.

“Setelah pihak Kemenag RI mendapatkan pernyataan kelayakan dari Tim Asesor, maka kami akan mengirimkan rekomendasi kepada BAN-PT, LAMDIK, ataupun LAMEMBA bahwa Prodi yang diajukan dan telah diasesmen layak mendapatkan Surat Keputusan pendirian Prodi,” pungkas Lukman mengakhiri sambutannya.

Sejalan dengan itu, Prof. Dr. Ramdani Wahyu Sururi, M.Ag dan Dr. Anin Nurhayati, M.Pd.I selaku tim asesor mengamini dan mengiyakan apa yang telah disampaikan oleh Rektor IAIN Metro dan Kasi Pengembangan Akademik Diktis Kemenag RI.

“Jika semuanya sudah layak dan sesuai prosedur, maka akan cepat prosesnya. Mudah-mudahan keberkahan bulan Ramadhan ini dapat dirasakan oleh sivitas akademika IAIN Metro,” jelasnya.

Pada kegiatan visitasi tersebut juga hadir Kabag Umum dan Layanan Kademik, Kasubbag TU Pascasarjana beserta tim manajamen dan para calon dosen para Prodi S3 PAI dan S3 HKI.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan bukti dokumen pengajuan pembukaan Priodi S3 PAI dan S3 HKI IAIN Metro. (ss_humas)

Berita Terkait

"Ayo Kuliah di IAIN Metro"

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru.

"Ayo Kuliah di IAIN Metro"

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru.

socio, echo, techno, preneurship
"Ayo Kuliah di IAIN Metro"

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru.