socio
echo
techno
preneurship

MeTROUNIV NEWS

2 Fakultas di IAIN Metro Gelar Upacara Yudisium

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Metro, metrouniv.ac.id – Sebagai akhir dalam melaksanakan studi pada suatu perguruan tinggi di IAIN Metro bagi mahasiswa maka dilakukan proses pelaksanaan yudisium.

Pada Jum’at (29/07/2022) yang juga merupakan penghujung tahun 1443 Hijriah 2 fakultas yang ada di IAIN Metro menggelar upacara yudisium. Pelaksanaan yudisium kedua fakultas tersebut dilakukan ditempat yang berbeda dan dilakukan sesuai dengan lokasi fakultas masing-masing, untuk Fakultas Syari’ah dilaksanakan di Kampus 2 sedangkan untuk Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah (FUAD) digelar di Kampus I.

Fakultas Syari’ah yang melakukan upacara yudisium dikampus 2 IAIN Metro dilaksnakan di lobi lantai 2 gedung Fakultas Syari’ah dengan peserta yudisium sebanyak 97 peserta yang terbagi atas beberapa Program Studi (Prodi).

Kegiatan yudisium di Fakultas Syariah dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Mahrus As’ad, M.Ag. ketua Senat IAIN Metro Prof. Dr. Suhairi, M.H. dan Pejabat dilingkungan Fakultas Syariah Mulai dari Dekan Husnul Fatarib, Ph.D., berserta para Wakil Deken, Koordinator Bagian TU Fakultas Syariah, Ketua Prodi, Sub Koordinator dan para Dosen dilingkungan Fakultas Syari’ah.

Selain dari internal IAIN Metro kegiatan yudisium Fakultas Syari’ah juga dihadiri oleh para alumni yang juga merupakan penggerak ekonomi kreatif di masyarakat yang juga merupakan ketua Gerakan Pesona Indonesia (GenPI) Abdul Rahman wahid, S.Sy. dan beberapa alumni yang sukses sebagai penasehat hukum dan advokat.

97 Peserta yudisium Fakultas Syari’ah Periode 2 Tahun Akademik 2021/2022

  • 38 peserta Prodi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
  • 47 peserta Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah
  • 12 peserta Prodi Hukum Tata Negara

Peserta yudisium terbaik pada Fakultas Syari’ah diraih oleh Vivi Nurhalimah mahasiswa Prodi Hukum Tata Negara angaktan 2018 dengan IPK 3,84, sedangkan untuk peserta termuda diraih oleh Eka Nur Hidayah yang merupakan mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah angkatan 2018 dengan dengan usia 21 tahun 6 bulan, dan Desi Yulianingsih yang dinobatkan sebagai mahasiswa tercepat dengan masa studi 3 tahun 9 bulan 20 hari.

Disisi lain pelaksanaan prosesi uparacara yudisium juga dilakukan oleh Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah (FUAD)  yang juga menggelar upacara yudisium dihari yang sama.

Kegiatan yudisium FUAD dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. Ida Umami, Mpd. Kons, Sekretaris Senat Dr. Siti Anisa, M.Pd., dan tentunya Dekan FUAD Dr. Akla, M.Pd, serta para Wakil Dekan Koordinator Bagian dan Dosen FUAD serat fakultas lain IAIN Metro. Selain itu kegiatan yudisium FUAD juga dihadiri para wali dari mahasiswa berprestasi.

90 Mahasiswa dari 3 Prodi yang ada di FUAD mengikuti kegiatan yudisium yang digelar di gedung GSG IAIN Metro.

Para peserta yudisum FUAD terbagi atas beberapa Prodi

  • 57 peserta Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
  • 9 peserta Prodi Bahasa dan Satra Arab (BSA)
  • 24 peserta Prodi Bimibngan dan Penyuluhan Islam (BPI)

Predikat lulusan terbaik FUAD diraih oleh Yuana Setia Wati dengan IPK 3,9 yang merupakan mahasiswa Prodi BPI angaktan 2018, sedangakan lulusan tercepat diraih oleh Ulfa Lailatul Fitria dengan masa studi 3 tahun 7 bulan 10 hari Prodi Bahasa dan Sastra Arab, Untuk lulusan termuda diraih oleh Pepsa Anggriliana dengan usia 20 tahun 6 bulan 23 hari.

Kegiatan yudisium juga akan dilakukan oleh 2 fakultas lainnya pada waktu yang berbeda yaitu untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam akan dilaksnakan pada Sabtu tanggal 29 Juli 2022, sedangkan untyuk Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) akan digelar pada Selasa tanggal 2 Agustus 2022. (ss_humas)

Berita Terkait

"Ayo Kuliah di IAIN Metro"

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru.

"Ayo Kuliah di IAIN Metro"

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru.