socio
echo
techno
preneurship

MeTROUNIV Article

Impelentasi Keputusan Rektor Tentang PPKS, IAIN Metro Hadirkan Komnas Perempuan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Metro, metrouniv.ac.id. – Bertempat di Ruang Sayifudin Zuhri Gedung Rektorat Lantai 2 IAIN Metro, hari ini (Rabu – 03/08/2022) IAIN Metro lakukan pemaparan atas perkembangan implementasi Keputusan Rektor Tentang Pencegahan dan Penanggulan Kekerasan Seksual (PPKS) di IAIN Metro.

Kegiatan yang dijadwalkan selama 3 hari ini sebagai wujud atas penerapan Keputusan Rektor Nomor 208 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual di Institut Agama Islam Negeri Metro (UNDUH DISINI), diawali dengan peserta dari unsur pimpinan IAIN Metro baik rektorat, fakultas, pascasarjana, lembaga, unit serta beberapa Ormawa (Organisasi Kemahasiswaan) yang dilakukan di Ruang Sayifudin Zuhri.

Pada hari pertama Rektor IAIN Metro Dr. Hj. SIti Nurjanah, M.Ag., PIA. hadir sebagai pemateri dan membuka acara kegiatan. Selain itu pemateri dan yang sekaligus evaluator penerapan atas peraturan tentang PPKS dari Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (KOmnas Perempuan) Prof. Dr. Alimatul Qibtiyah yang merupakan komisioner Komnas Perempuan.

Pada arahanya, Prof.Dr. Alimatul Qibtiyah menekankan pada pentingnya menciptakan kawasan bebas kekerasan.

“Pentingnya sebuah perguruan tinggi dalam menciptakan kawasan bebas kekerasan terhadap perempuan. Sebagai upaya untuk pencegahan telah diterbitkan Undang-undang nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) dengan tujuan untuk mencegah segala bentuk ke kerasan seksual; menangani, melindungi, dan memulihkan korban; melaksanakan penegakan hukum dan merehabilitasi pelaku; mewujudkan lingkungan tanpa kekerasan seksual dan menjamin ketidakberulangan kekerasan seksual.”

“Selain itu dalam Al Qur’an surat An Nur Ayat 33  sebagai perpektif hukum perlindungan. Akibat relasi kuasa kekerasan seksual bias terjadi. Terbitnya Keputusan Rektor ini juga sebagai upaya dalam menjalankan undang-undang untuk melakukan pencegahan. IAIN Metro merupakan kampus ke 19 yang telah memiliki peraturan tentang PPKS”, terang Komisioner Komnas Perempuan.

“Kami tidak mengklasifikasi tindak kekerasan dalam takaran ringan, sedang dan berat. Kenapa? Dampak psikologi ini lebih berbahaya dan yang dirugikan adalah Negara”, pungkasnya.

Sementara itu Rektor IAIn Metro menyampiakan runtutan terbitnya keputusan nomor 208 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual di Institut Agama Islam Negeri Metro.

“Sejarah muncul kebijakan pencegahan kekerasan seksual di PTKI khususnya di IAIN Metro, dimulai dari Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) dengan melakukan riset pendataan. Kemudian pada bulan Oktober 2020 telah disusun draft keputusan rektor tentang PPKS, dan pada bulan Desember 2020 disemenisasi keputusan rektor selanjunya pada Juni 2021 telah dilakukan penandatanganan Keputusan Rektor terkait kebijakan PPKS”.

“Keputusan ini harus kita terapkan dan wujudkan secara bersama sehingga pelaksanaan atas Undang-undang nomor 12 Tahun 2022 dapat terwujud”, tambah Nurjanah.

“Implementasi atas Keputusan Rektor nomor 28 tahun 2021 dibuktikan dengan beberapa capaian antara lain, telah diterbitkanya jurnal SETARA oleh PSGA IAIN Metro yang terkait pencegahan kekerasan seksual. Melakukan edukasi, sosialisasi, kampanye, baik secara digital maupun langsung dengan bekerjasama baik dengan pemerintah daerah, media maupun instansi lainnya” sambungnya.

“Teknis penanganan kekerasan juga telah dilakukan oleh IAIN Metro, mulai dari pengaduan yang menyebutkan kronologi,  ditindak yang diawali oleh fakultas dan PSGA dan  argumentasi sesuai kode etik slanjutnya akan diterbitkan keputusan rektor atas pengaduan yang disampaikan”’ tutup rektor.

Dr. Mufliha wijayanti,M.S.I selaku Kepala PSGA yang juga narassumber pada kegiatan sosialisasi dan implementasi atas Kkeputusan Rektor nomor 28 tahun 2021 berharap peningkatan struktural dan administratif, subtantif dan teknis.

“Beberapa kendala dalam pelaksanaan atas Keputusan Rektor Nomor 28 Tahun 2021 dan UU nomor 12 Tahun 2022 adanya kendala terkait struktural dan administratif, substantive serta kendala teknis. Kendala Pembentukan Unit Layanan Teknis (ULT) dapat dipisahkan dari PSGA sehingga akan lebih kredibel”.

“Terbitnya Keputusan Rektor sudah sangat proporsional dan sesuai dengan SOP operasional dan diperlukan sinkronisasi aturan serta updating dengan UU TPKS. Mengingat keputusan rektor lahir sebelum UU tersebut ada”. Tambah Mufliha.

“Pemenuhan sarana dan prasarana dan persamaan persepsi budaya atau cara pandang serta menerima atas aturan yang telah diterapkan merupakan salah satu yang juga harus sama-sama kita lakukan, sehingga penerapan keputusan rektor dan UU TPKS benar-benar dapat diwujudkan di kampus IAIN Metro”, sambung Kepala PSGA.

‘Upaya pencegahan harus terus dilakukan dengan melakukan sosialisasi edukasi, dengan  melakukan pembekalan dan penyusuan ULT serta ketersediaan anggaran. Penerapan pelaksanaan sedang dilakukan penyusunan road map implementasi atas penerapamn UU TPKS dan keputusan rektor”. Tutupnya.

Pelaksaan kegiatan sosialisasi dan impelentasi atas Keputusan Rektor dan Undang-Undang PTKS akan dilanjutkan di gedung Munaqosah lntai 3 IAIN Metro yang akan dilgelar pada Kamis dan Jum’at esok (04-05 Agustus 2022).

Pada hari kedua akan menghadirkan pemateri dari Komisioner Komnas Perempuan Prof. Dr. Alimatul Qibtiyah, dan Amira Hanna pada hari kedua (Kamis-04/08/2022) dan dihari ketiga (Jum’at-05/08/2022) juga akan diisi oleh Prof. Dr. Alimatul Qibtiyah dari Komnas Perempuan dan Dr. Ning Evi Ghozali, M.Pd. (ss_humas)

Artikel Terkait

Simbol

metrouniv.ac.id – Ahad 15/08/2022 _ 17 Safar 1444 H Dr. Dedi Irwansyah, M.Hum (Ketua Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Metro) “Signs

Wisata Kampung Kreatif?

metrouniv.ac.id – 14/08/2022 – 16 Safar 1444 Dharma Setyawan, M.A. (Kaprodi Ekonomi Syariah IAIN Metro)  Konon pariwisata dari bahasa Sanskerta

HIJRAH DAN SPIRIT PERUBAHAN

metrouniv.ac.id – 30/07/2022 – 01 Muharam 1444 H Dr. Mukhtar Hadi, M.Si. (Direktur Pascasarjana IAIN Metro) Pada tahun 622 Masehi,

MENGAPA MENULIS ITU PENTING?

metrouniv.ac.id – Rabu 24/07/2022 _ 24 Dzulhijjah 1443 H Dr. Dedi Irwansyah, M.Hum (Ketua Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Metro)  “Al

"Ayo Kuliah di IAIN Metro"

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru.

"Ayo Kuliah di IAIN Metro"

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru.