socio
echo
techno
preneurship

MeTROUNIV Article

RENUNGAN DI 50 TAHUN

Facebook
Twitter
WhatsApp

metrouniv.ac.id – 06/11/2022 _ 11 Rabiul Akhir 1444 H

Dr. Siti Zulaikha, S.Ag., MH. (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam  IAIN Metro)

Waktu ke waktu, hari ke hari, tahun ke tahun berlalu, sudahkah kita berbuat baik? Memberi manfaat kepada sesama?. Tanyakan pada diri sendiri. Jawabnya akan kebanyakan “tentu sudah, aku sudah membantu si A, sudah menolong si B, ini-itu berhasil karena aku”. Benarkah???.

Biarlah Allah yang menjawab dan mengetahui jawabannya, biarlah orang lain yang memberi penilaian terhadap apa yang sudah dan pernah kita lakukan, karena sesungguhnya kebaikan itu tidak perlu kita perjelas kepada sesama. Lima puluh tahun merupakan pertengahan dari sebuah perjalanan hidup, orang sering menyebutnya menginjak setengah abad, identik dengan ulang tahun emas, juga dapat dikatakan sebagai babak baru untuk pencapaian berikutnya. Yaitu pencapaian untuk mejadi manusia yang lebih baik, semakin istiqomah mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di tahun kelima puluh seseorang sebaiknya menjadi  lebih bijaksana dan mampu menyelaraskan hidup dengan perasaannya, berusaha sekuat tenaga mengurangi emosinya sehingga dapat menikmati setiap perjalanan hidup dengan begitu menyenangkan.

Sebagaimana penggalan hadis yang berbunyi:  … خير الناس أنفعهم للناس… “… sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia (lainnya)…”. Berbuat baiklah, maka kebaikan akan kembali kepada diri kita  sendiri. Jika kita bisa memberi manfaat melalui harta, lakukanlah dengan harta. Jika bisanya dengan tenaga, lakukanlah. Dan Jika bermanfaat bagi orang lain dengan ilmu yang dimiliki, ajarkanlah. Bagaimana kita dapat melakukan kebaikan dan memberi manfaat kepada sesama? Yang pertama adalah harus dimulai dari adanya kemauan, karena dengan kemauan maka seseorang akan dengan mudah melakukannya dan penuh tanggungjawab, seseorang akan melakukannya dengan penuh keikhlasan, kemudian orang tersebut akan merasakan kebahagiaan. Yang kedua adalah jangan menunda melakukan sesuatu yang bermanfaat, karena jika kita menunda belum tentu ada kesempatan lagi untuk berbuat baik lagi manfaat, jangan sampai kita menyesali dan sering mengatakan “coba tadi…” dan seterusnya. Ketiga adalah dengan membiasakan memberi manfaat, akan berbeda saat kita memberi sedekah karena mampu atau saat moment tertentu dibandingkan dengan kita telah terbiasa bersedakah tanpa memikirkan kapan dan di mana. Selanjutnya adalah, senantiasa muhasabah untuk meningkatkan kapasitas kebermanfaatan pribadi baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.

Sejatinya setiap kita memberi manfaat pada orang lain, hal itu akan memberi manfaat juga pada diri kita sendiri. Allah berfirman :

إِنْ أَحْسَنتُمْ أَحْسَنتُمْ لِأَنفُسِكُمْ…

“Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri …” (QS. al-Isra:7).

Dijelaskan juga dalam sebuah hadis :

وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِي حَاجَتِهِ

“Barangsiapa yang memenuhi kebutuhan saudaranya, maka Allah akan memenuhi kebutuhannya.” (HR. Bukhori)

Saya akhiri tulisan ini dengan doa:

اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

“Ya Allah, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

(SZ.06.11.22)

Artikel Terkait

DISPENSASI MENIKAH

metrouniv.ac.id – 03/01/2023 – 11 Jumadil Akhir 1444 H Dr. Mukhtar Hadi, M.Si. (Direktur Pascasarjana IAIN Metro)   Harian Tribun

Politik Gagasan & Gerakan?

Politik Gagasan & Gerakan? metrouniv.ac.id – 27/01/2023 _ 5 Rajab 1444 H Dharma Setyawan, M.A. (Wakil Dekan 3 FEBI IAIN

Penggunaan Bahasa dan Karakter Diri

metrouniv.ac.id – 17/01/2023 – 25 Jumadil Akhir 1444 H Dr. Mukhtar Hadi, M.Si. (Direktur Pascasarjana IAIN Metro) Thomas Lickona, seorang

"Ayo Kuliah di IAIN Metro"

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru.

"Ayo Kuliah di IAIN Metro"

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru.

socio, echo, techno, preneurship
"Ayo Kuliah di IAIN Metro"

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru.